Sabtu, 04 Desember 2010

PANDANGAN ISLAM TENTANG KESEHATAN

A. Pengertian Sehat
Sehat dalam pandangan islam yaitu seimbangnya anatara jasmani dan rohani yang meliputi keserasian sempurna bermacam-macam fungsi. Sehat juga adalah suatu keadaan di mana manusia mampu melakukan hubungan interaksi dengan lingkungannya baik materil maupun social, Semua itu tidak keluar dari tindakan penyesuaian diri atau adjustment.
“Kesehatan adalah suatu hak bagi manusia”
Demikianlah sabda Rasulullah. Karena kesehatan merupakan hak asasi manusia dan sesuatu yang sesuai dengan fitrah manusia maka islam menegaskan perlunya istiqamah menantapkan dirinya dan menegakkan agama islam.
Allah Berfirman dalam Q.S. Yunus : 57



Aritinya :
“Hai, manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu & penyembuh-penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berbeda) dalam dada dan petunjuk juga rahmat bagi orang-orang yang beriman.

B. Kesehatan Jiwa / rohani Menurut Islam
Islam sangat memperhatikan pendidikan jiwa dan menyucikannya dengan sifat-sifat mulia. Karena kesehatan jiwa merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan dengan kualitas hidup dan kebahagiaan manusia, baik kehidupan pribadi, keluarga, social, politik, spirirtual, serta sampai pada bidang pekerjaan dan profesi manusia.
Allah berfirman pada Q.S. Al Imran : 164




Aritinya :
Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
Kehidupan mewah dan kemajuan IPTEK tidak akan menjamin kebahgiaan manusia, kaena ada tiga yang bisa menjamin kebahagiaan manusia :
1. Kejiwaan
2. Kesehatan
3. Keberagaman yang di miliki manusia

C. Kesehatan seksual menurut Islam
seksual juga merupakan hal yang penting bagi orang muslim karena berpengaruh besar terhadap kesehatan dan prilaku manusia. Orang banyak memandang seksual adalah ha yang tabuh yang sangat penting di bicarakan. Padahal dalam Al Quran sendiri seks di paparkan dengan sangat indahnya. Dengan kata-kat kiasan yang begitu Indah, yang menunjukkan seks tidak pantang untuk dibicara sembarangkan.
Allah berfirman dalam Q.S Al Baqarah : 223



Artinya :
Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.
Islam mengajarkan kepada umatnya tentang factor-factor kesehatan seksual, adapun faktornya yaitu :
1. Pendidikan seksual secara dini
2. Memilih calon pasangan yang baik dan berakhlak mulia
3. Tata karma atau adab menggauli pasangan
4. Islam sangat melarang hubungan seksual sesame jenis dan binatang
5. Disunahkan kepada kaum adam untuk sirkumsi (sunat)
6. Islam membolehkan pria berpoligami untuk menghidari persinahan, namun dengan syarat-syarat tertentu.
7. Menjaga kebersihan seksual
D. Kesehatan jasmani menurut islam
Keserasian yang sempurna antara macam-macam fungsi jasmani disertai dengan kemampuan untuk menghadapi kesukaran-kesukaran yang biasa yang terdapat dalam lingkungan.
Untuk mencapai kesehatan jasmani yang sempurna, umat islam harus melakukan beberapa hal yaitu :
1. Kebersihan, membersihkan dan menyucikan diri
Allah berfirman Q.S Al Baqarah : 222

……………………………..

Artinya :
………….Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.
2. Penanggulangan dan epidemi penyakit




3. Memperbaiki makanan
Allah berfirman Q.S Abasa: 24

Artinya :
maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.
4. Olahraga
5. Kesehatan seksual
6. Puasa

E. Kesehatan Lingkungan
Menurut pandangan islam melalui kitab suci Al Quran, Allah telah memberikan info spiritual kepada manusia untuk bersikap ramah terhadap lingkungan agar tidak menjadi rusak, tercemar, bahkan menjadi punah.
Allah berfirman dalam Q.S Al Baqarah : 11


Artinya :
Dan apabila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."
Islam mengajarkan tentang pendidikan lingkungan yang diajarkan secara islami merupakan saran penting bagi muslim untuk mengenal dan menyadari lingkungan sehat, hidup secara baik dan benar.
Sikap ramah lingkungan yang diajarkan oleh agama islam kepada manusia dapat dirincikan sebagai beikut :
1. Agar manusia menjadi pelaku aktif dalam mengelolah lingkungan dan melestarikannya.
2. Agar manusia tidak berbuat kerusakan terhadap lingkungannya Surah Ar Rum : 41


Artinya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
3. Agar manusia selalu membiasakan diri bersikap ramah terhadap lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar